ZALORA - ASIA'S LEADING ONLINE FASHION DESTINATION

1.        Tentukan sebuah perusahaan atau organisasi sebagai studi kasus.


2.        Buatlah deskripsi perusahaan tersebut.


ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. ZALORA menjual produk fashion dari brand international dan juga brand local di setiap Negara yang beroperasi. ZALORA juga beroperasi di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic. ZALORA adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura.
Pada awal tahun 2012, ZALORA mulai memunculkan berbagai situs lokal di Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Pada akhir tahun 2013, ZALORA memunculkan private label sendiri, Ezra dari ZALORA.

3.        Identifikasi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang ada di perusahaan/organisasi tersebut.
-        Teknologi Informasi Server
Sebagai toko fashion online, tentunya ZALORA memiliki teknologi server untuk menunjang kegiatan bisnis mereka. Setiap negara pun memiliki situs lokal ZALORA, jadi dibutuhkan teknologi informasi server yang cukup besar sehingga ketika situs ZALORA diakses oleh banyak pengguna di waktu yang sama tidak akan down.

-        Teknologi Informasi Data Center
Teknologi Informasi yang menangani data-data pelanggan agar data-data pelanggan mudah dikelola sesuai kebutuhan. Pengelolaannya menggunakan software management/operating system.

-        Sistem Informasi Pemesanan
Sistem Informasi untuk pelanggan yang dapat dilakukan setelah melakukan pendaftaran dan dapat memilih produk-produk apa saja yang ingin dibeli.

-        Sistem Informasi Pembayaran
Setelah memilih produk yang ingin dibeli pengguna dapat melakukan pembayaran sesuai metode yang disediakan. ZALORA menerima pembayaran melalui Master Card, Visa, BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan Cash On Delivery. Jika memilih pembayaran melalui transfer bank, pengguna dapat melakukan konfirmasi pembayaran pada halaman yang telah disediakan oleh ZALORA.

-        Sistem Informasi Kolaborasi Perusahaan
ZALORA juga melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan dalam proses pembayaran serta pengiriman. Kolaborasi ini dapat memudahkan ZALORA dalam kegiatan bisnisnya

-        Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi yang digunakan untuk mengelola perusahaan ZALORA itu sendiri dengan mudah. Sistem informasi ini juga untuk memproses data yang dihasilkan oleh dan digunakan dalam operasi bisnis.

-        Sistem Informasi Eksekutif
Sistem Informasi eksekutif dirancang untuk menyediakan akses yang mudah dan cepat untuk informasi selektif tentang faktor-faktor ekslusif dalam menjalankan tujuan strategis bagi CEO, COO, CFO, CMO. Di sistem informasi ini terdapat laporan-laporan penunjang perusahaan.



4.        Klasifikasi Sistem Informasi yang ada Berdasarkan Klasifikasi O’Brien.
Sistem Informasi yang diklasifikasikan berdasar soal nomor 3:


5.        Buatlah mapping klasifikasi sistem informasi tersebut ke dalam Piramida Penggunanya.



Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perancangan Sistem Informasi Shopee

Strategic Information System

Rangkuman Buku System Analysis and Design