Strategic Information System



Definisi
Strategic Information System (dalam Bahasa Indonesia Sistem Informasi Strategis) adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan atau kemampuannya untuk secara signifikan meningkatkan kinerja dan produktivitas. SIS dikarakterisasikan melalui kemampuannya untuk secara signifkan mengubah cara bisnis yang dilakukan agar dapat memberi perusahaan keunggulan strategis.

Sistem Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai:
1. Jaringan Kompetitif Virtual
2. Investasi dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya

Ciri-ciri Sistem Informasi Strategis:
1. Untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
2. Hanya untuk waktu tertentu
3. Inovasi yang menjawab kebutuhan pelanggan:
-          Otomatisasi (subtitusi dari tradisional ke modern)
-          Improvement (peningkatan)
-          Re-engineering (rekayasa ulang)

Dasar Sistem Informasi Strategis (SIS) “Fundamentals of Strategic Information Systems
-- Apa itu strategi?
  • Strategi adalah perencanaan atau kebijakan atau baris-baris aksi yang didesain untuk mencapai tujuan yang lebih besar
  • Strategi membentuk pola tindakan dan tanggapan yang menyeluruh
  • Strategi membantu dalam menentukan tindakan yang mungkin dilakukan atau tidak oleh seseorang atau orginisasi 

-- Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan:
Cost Leadership Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi biaya terendah dalam industri dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari pemasok, dan menurunkan biaya ke pelanggan

 Differentiation Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang unik dan mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain, yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk atau jasa yang berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi pesaing.

 Focus Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada produk atau jasa khusus dalam organisasi.

 Innovation Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.

 Alliance Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama yang menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain, bahkan dengan para pesaing.

Growth Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan dan mendiversifikasi pasar.

Quality Strategy
Sistem Informasi dikatakan mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari produk atau jasa.

Lima Macam Kekuatan Kompetitif
  1. Daya tawar pelanggan
  2. Daya tawar pemasok
  3. Daya rival kompetitor
  4. Ancaman penantang baru
  5. Ancaman subtitusi
Contoh Penggunaan Sistem Informasi (Teknologi Informasi) untuk Menerapkan Strategi Kompetitif
1. Biaya Rendah
-- Sentralisasi dalam pembelian
-- Pengawasan yang lebih efektif

2. Menciptakan Perbedaan
-- Analisis kebutuhan pelanggan berbasis komputer
-- Customer online shipment tracking

3. Inovasi
-- Customer order entry
-- Online package tracking

4. Mendorong Pertumbuhan
-- Jaringan telekomunikasi global
-- Meningkatkan kualitas dan efisiensi



Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perancangan Sistem Informasi Shopee

Rangkuman Buku System Analysis and Design