Strategic Information System
Definisi
Strategic
Information System (dalam Bahasa Indonesia Sistem
Informasi Strategis) adalah sistem yang membantu perusahaan mendapatkan
keunggulan kompetitif melalui kontribusinya pada tujuan strategis perusahaan
atau kemampuannya untuk secara signifikan meningkatkan kinerja dan
produktivitas. SIS dikarakterisasikan melalui kemampuannya untuk secara
signifkan mengubah cara bisnis yang dilakukan agar dapat memberi perusahaan
keunggulan strategis.
Sistem
Informasi dapat dipandang secara strategis yaitu sebagai:
1. Jaringan
Kompetitif Virtual
2. Investasi
dalam hal teknologi untuk membantu organisasi mencapai tujuannya
Ciri-ciri
Sistem Informasi Strategis:
1. Untuk
mencari keuntungan sebanyak-banyaknya
2. Hanya
untuk waktu tertentu
3. Inovasi
yang menjawab kebutuhan pelanggan:
-
Otomatisasi (subtitusi dari tradisional
ke modern)
-
Improvement (peningkatan)
-
Re-engineering (rekayasa ulang)
Dasar
Sistem Informasi Strategis (SIS) “Fundamentals
of Strategic Information Systems”
-- Apa itu strategi?
- Strategi adalah perencanaan atau kebijakan atau baris-baris aksi yang didesain untuk mencapai tujuan yang lebih besar
- Strategi membentuk pola tindakan dan tanggapan yang menyeluruh
- Strategi membantu dalam menentukan tindakan yang mungkin dilakukan atau tidak oleh seseorang atau orginisasi
-- Terdapat tiga strategi umum yang digunakan oleh
perusahaan untuk memenangkan persaingan:
Cost Leadership Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika perusahaan mampu mencapai posisi biaya terendah
dalam industri dengan cara rekayasa proses bisnis, menurunkan biaya dari
pemasok, dan menurunkan biaya ke pelanggan
Differentiation Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang unik dan
mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing lain,
yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi informasi untuk menciptakan produk
atau jasa yang berbeda, dan mengurangi keuntungan diferensi pesaing.
Focus Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada produk
atau jasa khusus dalam organisasi.
Innovation Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis yaitu
dengan menyediakan produk atau jasa dengan inovasi terbaru.
Alliance Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika dapat menciptakan hubungan kerjasama yang
menguntungkan baik dengan pemasok, perusahaan lain, bahkan dengan para pesaing.
Growth Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika mampu mengembangkan dan mendiversifikasi pasar.
Quality Strategy
Sistem Informasi dikatakan
mendukung strategi ini jika mampu membantu meningkatkan kualitas dari produk
atau jasa.
Lima
Macam Kekuatan Kompetitif
- Daya tawar pelanggan
- Daya tawar pemasok
- Daya rival kompetitor
- Ancaman penantang baru
- Ancaman subtitusi
Contoh Penggunaan Sistem Informasi (Teknologi Informasi) untuk Menerapkan Strategi Kompetitif
1. Biaya
Rendah
--
Sentralisasi dalam pembelian
-- Pengawasan
yang lebih efektif
2. Menciptakan Perbedaan
-- Analisis kebutuhan pelanggan
berbasis komputer
-- Customer online shipment
tracking
3. Inovasi
-- Customer order entry
-- Online package tracking
4. Mendorong Pertumbuhan
-- Jaringan telekomunikasi
global
-- Meningkatkan kualitas dan
efisiensi
Comments
Post a Comment