Perangkat Keras Masa Kini dan Masa Depan

Perangkat keras yang ada pada komputer dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok berdasarkan fungsinya. Perangkat keras pada komputer dibedakan menjadi alat input, alat proses, alat simpan, alat output dan periferal.

Alat input adalah perangkat keras pada komputer yang berguna untuk memasukkan data. Contoh dari alat input adalah keyboard, mouse, scanner, joystick, trackball, barcode reader, mikrofon, dan alat-alat input yang lain.

Alat pemproses atau alat proses adalah beberapa alat yang saling bekerja sama sehingga dapat bekerja dan membantu kinerja suatu komputer. Contoh dari alat proses adalah processor, RAM, mainboard, Kartu VGA, dan Kartu Suara.


Alat simpan adalah perangkat keras yang berguna menyimpan data dalam bentuk biner, bentuk asli dari suatu file.  Contoh dari alat simpan adalah harddisk, CD/DVD ROM, USB Flashdisk, dan alat-alat simpan yang lain.

Alat output adalah perangkat keras yang berguna menampilkan informasi yang telah diproses kepada pengguna. Contoh dari alat output adalah monitor, printer, proyektor LCD, speaker, dan alat-alat output yang lain.

Alat periferal adalah perangkat yang ditambahkan pada komputer tetapi bukan merupakan bagian utama dari arsitektur komputer. Contoh dari perangkat periferal adalah NIC, modem, hub/switch hub, dan UPS.



ASUS A455L


Alat input pada laptop ini berupa keyboard dengan jumlah 86 tombol dan juga trackpad. Selain itu ada juga alat-alat input tambahan seperti mouse.
          Processor yang digunakan oleh laptop ini adalah Broadwell Based CPU Intel Core i7-5500U. Processor ini adalah processor dual core dengan hyperthreading, clock 2,0 GHz up  to 3,0 GHz, 4M cache. RAM pada laptop ini adalah 4 GB. Processor grafik pada laptop ini adalah Intel HD Graphics 5500. Laptop ini juga dilengkapi dengan grafik tambahan berupa Nvidia GeForce GT 840M, 2GB.
         Alat simpan yang ada pada laptop ini adalah internal harddisk dengan kapasitas 1 TB (5400 rpm). Selain itu ada alat simpan tambahan berupa harddisk eksternal dengan kapasitas 500GB dengan merek Toshiba.
           Alat output yang ada pada laptop ini adalah layar monitor 14 inch dengan resolusi 1366 × 768. Selain itu alat output pada laptop ini adalah speaker yang ada pada bagian bawah laptop.
        Alat periferal yang ada pada laptop ini adalah NIC (Network Interface Card) yang menyatu dengan mainboard. Selain itu ada alat periferal tambahan berupa modem.



Perangkat Keras Masa Depan

1.        Alat Input
Bluetooth Virtual Keyboard. Bluetooth Virtual Keyboard adalah suatu alat yang dapat memprojeksikan laser berbentuk keyboard di mana kita dapat menyentuh laser keyboard tersebut untuk mengetik. Alat ini memiliki bentuk kotak kecil dan memiliki baterai internal, sehingga alat ini dapat digunakan dalam jangka waktu hingga dua jam untuk satu kali pengisian daya.




2.        Alat Output
Printer 3D. Printer 3D bekerja hampir sama dengan printer laser, yaitu dengan teknik membuat objek dari sejumlah lapisan atau layer yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya.




3.        Alat Simpan
SSD. Solid State Drive atau SSD adalah inovasi terbaru dari penyimpanan data. Teknologi ini meningkatkan kinerja serta menghemat konsumsi energi dari komputer. SSD juga memiliki fungsi yang sama seperti HDD. Kecepatan baca SSD bisa 5-10 kali kecepatan HDD biasa.




4.        Alat Proses
Intel Skylake. Intel Skylake adalah processor generasi ke-enam dari Intel. Grafis terintegrasi pada Skylake, yakni Intel HD Graphic terbaru menghadirkan performa 50% lebih baik dibandingkan dengan GPU terintegrasi yang tersemat pada prosesor Broadwell.



Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perancangan Sistem Informasi Shopee

Strategic Information System

Rangkuman Buku System Analysis and Design